FlashVortex

Vaste Code

Jumat, 21 Desember 2012

INDONESIAKU CINTAKU

Hollaaaaaa............ buat kalian-kalian yang udah mau masuk ke blogku ini. walaupun masih amatiran tapi info-info yang aku berikan ke kalian nggak amatiran kok. Okey di sini aku bakal ngebahas tentang INDONESIA kita, Yap Nasib Negara kita tercinta ini yang memiliki kebudayaan yang banyak banget dan luar biasa uniknya. Tapi sayangnya kebudayaan kita udah mulai ditinggalin sama generasi muda bangsa kita. Sekarang mereka udah nggak tertarik lagi sama Kesenian wayang, musik gamelan, batik, atau yang lainnya. Mereka nganggep semua itu kuno, kata mereka sekarang jamannya  artis luar negri. Sebenernya boleh-boleh aja sih, kita ngagumin artis luar negri Tapi kita juga nggak boleh kebudayaan asli negara kita ini. Malah kita harus nunjukkin kalau bangsa kita ini nggak kalah keren sama bangsa maju lainnya.
Sekarang aku mau nunjukkin ke kalian semua yang udah mau mampir ke blogku ini, kebudayaan-kebudayaan luar biasa yang kita miliki. Okey kayaknya aku udah kebanyakan ngoceh deh nih langsung aja aku kasih infonya ke kalian:
1.   ANGKLUNG  
gambar angklung
   Salah satunya adalah Alat musik Angklung.
Alat musik tradisional ini berasal dari Jawa Barat, yang terkadang diremehkan dan hanya dianggap alat musik tradisional biasa yang tidak modern menurut beberapa masyarakat kita terutama kaum muda.
Namun sebenarnya Angklung sudah menjadi primadona di beberapa Negara di belahan dunia, dimulai dari seorang musisi yang berasal dari Jawa barat bernama “ Daeng Sutisna “ yang membuat komposisi beraneka ragam jenis musik dengan menggunakan angklung. Lalu dilanjutkan oleh Udjo Ngalagena yang membuka sebuah pusat kebudayaan di jawa barat yang bernama “ saung angklung udjo” . Di pusat kebudayaan ini musik angklung berkembang pesat, tidak hanya lagu – lagu tradisional saja yang bisa dibawakan dengan menggunakan angklung, tetapi juga beragam jenis musik lainnya, seperti rock, jazz, pop, country, dan banyak jenis musik lainnya. Dari perkembangan yang pesat ini dan keindahan melodi yang dipadu dengan tarian - tarian indah asli Indonesia ini banyak menarik minat wisatawan asing yang datang untuk melihat pertunjukan angklung ditempat ini. Jadi tidak heran bila kalian berkunjung ke sana maka sang master of ceremony akan membawakan acara dengan 3 Bahasa, seperti Bahasa jerman, Bahasa inggris, ataupun Bahasa Jepang, lagu – lagu yang dibawakan pun tidak hanya lagu – lagu nasinal dan daerah di Indonesia tetapi juga lagu – lagu dari belahan dunia lain.

2. BATIK
Gambar batik indonesia





         Perjuangan Indonesia untuk mendapatkan pengakuan dunia atas batik sebagai warisan budaya asli Indonesia tidak sia-sia. United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) DIPASTIKAN akan mengukuhkan tradisi batik sebagai salah satu budaya warisan dunia ASLI INDONESIA pada Oktober 2009 mendatang di Perancis.
Demikian dikatakan oleh Direktur Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Tjetjep Suparman di Surakarta, Selasa (2/6/2009). “Butuh waktu tiga tahun untuk pengajuannya,” katanya. Sebelumnya, wayang dan keris juga telah mendapat pengakuan yang sama dari UNESCO beberapa waktu lalu.
“Enam negara yang merupakan perwakilan dari UNESCO telah melakukan pengkajian terhadap budaya batik,” kata Tjetjep. Setelah melakukan kajian serta verifikasi selama tiga tahun, akhirnya terdapat pengakuan terhadap budaya batik sebagai budaya MILIK INDONESIA. “Penetapannya pada 28 September 2009 besok,” kata Tjetjep. Sedangkan pengukuhannya baru akan dilakukan pada 2 Oktober 2009 di Perancis.
Sementara itu, perusahaan swasta produsen film dokumenter asal Malaysia, yakni KRU Sdn. Bhd. telah membuat film berjudul "Batik". Di situ dijelaskan bahwa batik Malaysia BERASAL DARI BATIK JAWA yang telah didesain menurut kultur Melayu di Malaysia. Begitu pula sejarah datangnya batik Jawa ke negara Malaysia.
Ada satu hal lagi yang lebih penting: MALAYSIA TIDAK PERNAH MEMATENKAN BATIK, karena BATIK MILIK INDONESIA. Yang dipatenkan oleh Malaysia HANYA MOTIF DAN CORAK, BUKAN BATIKNYA. "Kita sudah bicara dengan pihak budaya Malaysia dan mereka katakan tidak pernah patenkan batik. Yang dipatenkan motif dan coraknya," kata Sekretaris I Penerangan & Humas KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, Eka A Suripto, Jumat (16/11/2007). Eka mengaku sudah melihat motif atau corak yang dipatenkan Malaysia dan bentuknya berbeda. "Motif Malaysia itu jarang. Kecuali kalau kita bisa buktikan. Dia tidak berani memakai motif batik Solo atau Pekalongan," imbuhnya.
Walaupun meskipun Malaysia tidak mematenkan batik, pemerintah RI tetap HARUS MEMATENKAN BATIK ke UNESCO - PBB untuk mengantisipasi adanya klaim batik oleh negara asing di masa-masa mendatang. Dan penetapan maupun pengukuhannya rencananya akan dilakukan pada tanggal 28 September 2009 dan 2 Oktober 2009 di Paris, Perancis.

3. TARI PENDET

Gambar Tari Pendet Indonesia
         Diketahui di sini bahwa pemerintah Kerajaan Malaysia TIDAK PERNAH MENGKLAIM Tari Pendet sebagai budaya asal negara tersebut. Iklan pariwisata Malaysia yang menampilkan Tari Pendet adalah DIBUAT OLEH SWASTA, yakni Discovery Channel yang berbasis di Singapura. Discovery Channel Singapore pun tidak memiliki relasi apapun dengan pemerintah Diraja Malaysia.

 Discovery Channel Singapore pun sudah meminta maaf atas kelalaian tersebut dan menyatakan dengan jelas bahwa TARI PENDET ADALAH MILIK INDONESIA, BUKAN MILIK MALAYSIA.
Dengan demikian, Tari Pendet yang muncul di film promosi Enigmatic Malaysia bukanlah promosi wisata Malaysia. Bukan juga diproduksi dan didanai oleh kementerian pariwisata, kementerian kebudayaan Malaysia atau PH Malaysia, tapi dibuat oleh Discovery Channel yang berbasis di Singapura.
DC Asia Inc pun sudah mengakui bahwa kesalahan ada di staf bagian promosi mereka. DC Asia Inc pun sudah menyatakan permohonan maaf atas kesalahan itu kepada kementerian pariwisata Indonesia.
Tuduhan Malaysia telah mengklaim tari Pendet Bali itu tidak benar. Dan DC menyatakan tari Pendet itu milik Malaysia juga tidak benar, yang benar tari Pendet itu memang milik Indonesia dan Bali.
Sekarang udah kelihatan siapa yang bener dan siapa yang tidak. Kita tidak perlu caci maki bikin rusuh. Yang penting adalah bagaimana kita bisa mencintai dan melestarikan budaya kita sendiri sehingga tidak dicuri oleh negara lain.
UNESCO rencananya akan meresmikan batik di Paris, 2 Oktober 2009, mari kita semua pakai batik, untuk menghargai kerja pemerintah kita sehingga akhirnya batik diakui oleh masyarakat internasional.

4.    Wayang


Gambar Wayang Kulit Indonesia
Wayang Golek Indonesia
Wayang adalah seni dekoratif yang merupakan ekspresi kebudayaan nasional. Di samping merupakan ekspresi kebudayaan nasional juga merupakan media pendidikan, media informasi dan hiburan. Wayang merupakan media pendidikan, karena ditinjau dari segi isinya banyak memberikan ajaran – ajaran kepada manusia. Baik manusia sebagai individu atau sebagai anggota masyarakat. Jadi wayang dalam media pendidikan, terutama pendidikan budi pekerti, besar sekali manfaatnya. Wayang menjadi media informasi, karena dari segi penampilannya, sangat komunikatif dan dapat dipakai untuk memahami suatu tradisi, serta dapat dipakai sebagi alat untuk mengadakan pendekatan kepada masyarakat, dan memberikan informasi mengenai masalah – masalah kehidupan serta segala seluk – beluknya. Wayang juga dianggap sebagai media hiburan, karena wayang dipakai sebagai pertunjukan di dalam berbagai macam  keperluan  hiburan. Selain dihibur para peminat dibudayakan dan diperkaya secara spiritual. Namun sayangnya Kesenian wayang ini semakin tergerus zaman akibat membanjirnya budaya-budaya asing yang dianggap lebih bagus dan baik daripada wayang. Padahal wayang merupakan kebudayaan Indonesia yang telah terkenal ke mancanegara, sayang jika kebudayaan ini dilupakan begitu saja.
5.     Gamelan

Gambar Gamelan Indonesia
Pada umumnya Gamelan sering digunakan sebagai music pengiring pada kesenian tradisional wayang kulit, wayang orang dan berbagai ritual. Dalam adat Jawa, Gamelan juga digunakan dalam ritual “temu manten”, sebuah ritual untuk mempertemukan kedua calon pengantin. Di Bali, Gamelan Bali digunakan dalam berbagai upacara ritual Bali seperti “Potong Gigi”, sebuah upacara yang menandakan seorang anak sudah memasuki masa remaja. Namun dalam perkembangannya, penggunaan Gamelan semakin luas dalam berbagai kesenian. Gamelan sering dipadukan dengan puisi dan tarian. Pada mitologi Jawa,Konon katanya Gamelan diciptakan oleh Dewa yang menjelma menjadi manusia, Shivam Malholtra di era Saka 167. Kerajaan nya berdiri di pegunungan Maendra,yang sekarang di kenal dengan Gunung Lwu. Saat itu,ia memerlukan signal untuk berhubungan dengan Dewa yang lain. Maka dibuatlah Gong. Untuk pesan signal yang lebih kompleks, maka Ia memerlukan dua gong lain yaitu kempul dan siyem, yang nanti nya membentuk Gamelan. Kata “gamelan” berasal dari kata “gamel” yang berarti memukul. Maka Gamelan diartikan sebagai sekelompok instrument music yang dimainkan secara terpadu dalam sebuah kelompok. Dalam kepercayaan tradisional, Gamelan dianggap suci dan dipercaya memiliki kekuatan supranatural. Setiap instrument yang menjadi bagian Gamelan dipercaya memiliki roh, maka setiap musisi harus bermain gamelan tanpa alas kaki karena akan mengganggu roh. Melangkahi alat music Gamelan adalah hal yang dilarang keras. Dalam kepercayaan Jawa, Gong Ageng dipercaya sebagai pusat roh dalam Gamelan tersebut. Namun seiring dengan perkembangan zaman gamelan semakin ditinggalkan oleh generasi muda Indonesia, mereka menganggap gamelan itu kuno dan tidak modern. Padahal pada kenyataannya gamelan mempunyai keunikan yang luar biasa dan menjadi salah satu budaya khas Indonesia yang patut untuk dilestarikan bukan malah ditinggalkan begitu saja.

6.     Ludruk

Gambar Ludruk Indonesia

Ludruk merupakan salah satu kesenian Jawa Timuran yang cukup terkenal, yakni seni panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki-laki. Saat ini kelompok ludruk tradisional dapat dijumpai di daerah Surabaya, Mojokerto, dan Jombang; meski keberadaannya semakin dikalahkan dengan modernisasi.
Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang di gelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan dan lain sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik. Dialog/monolog dalam ludruk bersifat menghibur dan membuat penontonnya tertawa, menggunakan bahasa khas Surabaya, meski terkadang ada bintang tamu dari daerah lain seperti Jombang, Malang, Madura, Madiun dengan logat yang berbeda. Bahasa lugas yang digunakan pada ludruk, membuat dia mudah diserap oleh kalangan non intelek (tukang becak, peronda, sopir angkutan, dll). Sebuah pementasan ludruk biasa dimulai dengan Tari Remo dan diselingi dengan pementasan seorang tokoh yang memerakan "Pak Sakera", seorang jagoan Madura.
Di berbagai daerah ludruk ludruk dibina oleh ABRI, sampai tahun 1975. Sesudah itu mereka kembali ke grup seniman ludruk yang independen hingga kini.
Dengan pengalaman pahit yang pernah dirasakan akibat kesenian ini, Ludruk lama tidak muncul ke permukaan sebagai sosok Kesenian yang menyeluruh. Pada masa ini ludruk benar benar menjadi alat hiburan. Sehingga generasi muda yang tidak mendalami sejarah akan mengenal ludruk sebagai grup sandiwara Lawak.


           Kayaknya segitu dulu, budaya Indonesia yang aku tunjukkin ke kalian..walopun sebenernya masih banyak tapi aku harap dengan sedikit kebudayaan Indonesia yang udah aku tunjukkin ke kalian, kalian bisa sadar kalo budaya Indonesia itu nggak kuno dan patut untuk kita lestarikan. Sebenarnya kita boleh ngefans sama artis luar negeri,tapi kita nggak boleh ngelupain artis-artis di Indonesia kita ini, justru dengan kita ngefans sama artis-artis luar negeri itu  kita bisa termotivasi untuk membangun bangsa kita menjadi bangsa yang lebih maju dan nggak kalah sama bangsa-bangsa lain di dunia. So, buat generasi-generasi muda ayo bangun Indonesia kita tercinta ini, dengan cara ningkatin prestasi kita dan jauhin hal-hal negatif yang bisa menghancurkan masa depan bangsa kita ini misalnya pergaulan bebas, narkoba, tawuran dkk. Kita semua harus sadar bangsa ini butuh generasi muda yang peduli sama bangsanya, yang nggak Cuma jadiin Indonesia sebagai identitas aja..tapi bener-bener peduli sama bangsanya.
           
       Aku harap dengan kalian lihat blog ini kalian makin sadar kalau Indonesia kita ini bangsa yang maju dan nggak bisa diremehin, eeeiiittssss sebelum kalian tutup blog ini kasih komentar plus like dulu yaa... klo bisa di share jugaa.....
Okey Sob, Salam Indonesia!!!!!!!!!!!!!!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar